Selamat Datang Di Sisi Lain. Copas Dizinkan Jika Tidak Keberatan Mohon Sertakan Linkback. Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Anda Sebelum Pergi. Terima Kasih Atas Kunjungan Anda. Thxz Too Blogspot.

Minggu, 21 November 2010

Unick dan Misteriusnya Kuburan Desa Trunyan !!

Kuburan !!
Postingan saya kali nea msih ada di sekitar Bali.

Bali
(maklum pemula.. :D)
Saya mengambil topic kuburan karena di Bali terdapat sebuah kuburan yang termasuk unik, anech, bahkan misterius..
Kuburan ini masuk ke dalam salah satu kuburan-kuburan anech di Indonesia selain kuburan di tanah toraja.
Tempatnya tepat berada di kaki Gunung Batur Bali, 40 km dari kota Denpasar, selain terdapat Gunung, juga terdapat Danau nan indah yaitu Danau Batur…..
Nahh…………….

Selain Obyek 2 di atas tadi ada sebuah desa juga yang memiliki kuburan yang saya akan bahas yaitu Desa Trunyan.
Desa Trunyan, merupakan salah satu Desa Tua, sering juga disebut Bali Aga atau Bali Mula. Masyarakat Desa Trunyan masih sangat memegang kuat tradisinya, terutama tradisi penguburan mayat. Penguburan mayat di Trunyan tidak dilakukan sebagaimana layaknya masyarakat di daerah lain menguburkan mayat. Mayat-mayat disana cuma dibungkus kain kafan selajutnya ditaruh di atas tanah dengan dikelilingi oleh “ancak saji” anyaman dari bamboo yang dibentuk sedemikian rupa, kemudian dipancangkan di sekeliling mayat. Hal yang unik adalah, meski mayat tidak ditanam dalam tanah, namun tidak mengeluarkan bau sedikit pun. Masyarakat percaya, bahwa bau mayat itu dinetralisir oleh pohon taru menyan yang tumbuh besar di areal pemakaman Desa Trunyan. ( Taru : Pohon Menyan : Harum , menyan ) juga merupakan asal kata dari desa Trunyan, yang di perkirakan berusia ribuan tahun, aneh nya ukurang pohon ini tidak banyak mengalami perubahan. Pengamatan saya, pohon ini seperti pohon bunut, dengan getah kayu berwarna merah, pohon ini dipercaya penduduk setempat yang meyerap bau busuk dari jenazah yang mengalami proses pembusukan, 



Taru Menyan

Ajaib bukan ??? :D 
Trunyan memiliki tiga tiga jenis kuburan yang menurut tradisi desa trunyan ketiga jenis kuburan itu diklasifikasikan berdasarkan umur orang, meninggal keutuhan jenasah dan cara penguburan.Kuburan utama adalah yang dianggap paling suci dan paling baik. Jenasah yang dikuburkan hanyalah jenasah yang jasadnya utuh, tidak cacat dan jenasah yang proses meninggalnya dianggap wajar atau bukan bunuh diri serta kecelakaan.
Kuburan yang kedua disebut kuburan muda yang khusus diperuntukkan bagi bayi dan orang dewasa yang belum menikah. Namun tetap dengan syarat jenasah tersebut harus utuh dan tidak cacat.Kuburan yang ketiga disebut setra bantas, khusus untuk jenasah yang cacat dan yang meninggal karena salah pati maupun meninggal karena tidak wajar misalnya kecelakaan dan bunuh diri.Dari ketiga jenis kuburan itu, yang paling menarik adalah kuburan utama atau setra wayah.
Menurut cerita masyarakat, jaman dahulu kala mayat sengaja tidak ditanam untuk menghalangi bau pohon taru menyan yang konon menyebar sampai ke Jawa. Karena raja yang berkuasa di Trunyan pada waktu itu takut daerahnya diserang lantaran harumnya pohon taru menyan, maka beliau berinisiatif menetralisir bau kelewat harum itu dengan tidak mengubur mayat masyarakat yang meniggal. Akhirnya sampai sekarang tradisi itu masih dipegang teguh oleh masyarakat.
 Mayat Di Geletakan Begitu Saja

 Dengan Hanya Ditutupi Ancak Saji

 Tengkorak Yang Diletak Disekitar Kuburan
Serem Juga Liatdnya... XD

Bonus Image Dariku..
Keindahan Gunung Batur dan Danau Batur...
:D






Penutup :
Negeri Kita Ini Memang Penuh Dengan Berbagai Tempat-Tempat Misterius (tetapi sangat unik).
Maju INDONESIA-Ku.
Salam









sisi lain



Baca Juga Di Sisi Lain

Komentar :

Ada 0 Komentar ke “Unick dan Misteriusnya Kuburan Desa Trunyan !!”

Posting Komentar

Berkomentarlah Dengan Bijak Tanpa Spam Untuk Kemajuan Bersama !!
Saya Selaku Admin Sangat Merasa Bersyukur Apabila Anda Menyempatkan Berkomentar.
Tata Cara Berkomentar

1. susun kata-kata anda, usahakan kata yang bijak, kritik maupun saran yang bijak tentunya.
2. tentukan sebagai apa anda berkomentar. terdapat pilihan pada bagian bawah. jika anda tidak mempunyai ID, anda bsa berkomentar sebagai anonim.
3. setelah vertivikasi komentar muncul tarik kebawah kotak putih komentar atau menu scrolnya.
4. submit dan komentar anda akan muncul.

 

Peringatan Dini !!

Protected by Copyscape Online Infringement Detector

Bookmark

Share |

Format Akses Sisi Lain Lewat Handphone

Mobile Edition
By Blogger Touch

Yahoo Massanger

Get snow effect

Followers