Selamat Datang Di Sisi Lain. Copas Dizinkan Jika Tidak Keberatan Mohon Sertakan Linkback. Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Anda Sebelum Pergi. Terima Kasih Atas Kunjungan Anda. Thxz Too Blogspot.

Kamis, 25 November 2010

Phenomena Mati Suri !!

Mati Suri

Anda Taw mengenai hal satu ini?? Apakah anda pernah mengalaminya?? Apa sesungguhnya mati suri itu????
Berikut Sedikit Gambaran beserta penjelasan secara ilmiah dan sepiritual mengenai mati surii...Laporan Kejadian

Berikut isi berita dari harian Kompas tertanggal Jumat, 21 Mei 2010

Nenek 115 Tahun Ini Dua Kali Mati Suri

TARAKAN, KOMPAS.com - Siti Fatimah, nenek yang diduga berusia 115 tahun dan selama 10 tahun terakhir lumpuh, ternyata telah dua kali mengalami mati suri. Kondisi Fatimah sangat memperihatinkan.

Perempuan yang tiga kali menikah itu harus dibantu ketika buang air kecil dan air besar. Darni, anak bungsu Siti Fatimah, mengatakan, ibunya pertama kali mati suri tahun 2005, kemudian tahun 2006.



"Waktu tahun 2005 itu, mama sempat tidak sadarkan diri selama satu jam. Kami sekeluarga sudah menangis, kami kira mama sudah meninggal, sebab kami periksa nafasnya tidak ada. Namun karena ada orang pintar, ya obati, akhirnya mama bisa bangun lagi," ujar Darni kepada Harian Tribun Kaltim (Kompas Gramedia Group) di Tarakan, Kalimantan Timur, Jumat (21/5/2010). 
Darni mengatakan, setelah satu tahun berlalu, pada 2006 ibundanya mengalami hal yang sama. "Kami kira yang kedua ini sudah benar-benar meninggal, sebab kami tahu mama memang punya penyakit asma, dan juga tidak bisa berjalan. Tapi ternyata Allah masih memperpanjang umurnya mama hingga sampai sekarang," ucapnya.
Keberadaan nenek tua renta ini mula-mula diketahui petugas cacah jiwa penduduk Tarakan pada Jumat (21/5/2010). Nenek Fatimah tinggal di Kelurahan Karang Anyar Pantai RT 31, Tarakan.
Nenek sembilan anak dan puluhan cucu ini sejak 1965 tinggal di Kelurahan Karang Anyar Pantai, bersama suaminya, Lamin, dan anak bungsu serta menantu dan cucunya.
Tetapi bagaimana memverifikasi keterangan soal usia Fatimah?
Darni pun tak tahu pasti, kecuali Fatimah juga tidak ingat. Ia hanya ingat waktu ke Tarakan masih dalam situasi geger Gerakan 30 September 1965 di Jakarta yang mengakibatkan para jenderal TNI Angkatan Darat tewas dibunuh Cakrabirawa, pasukan pengawal Presiden Sukarno. 
Darni mengatakan, ia memperkirakan ibundanya tersebut berumur 100 tahun lebih. Ini dikarenakan kakak pertamanya yang telah meninggal dunia berusia sekitar 80 tahun. "Jadi, ya 100 tahun lebih-lah, kalau diperkirakan bisa mencapai 115 tahun," ujarnya. (Junisah)


Penjelasan


Sumber : Detikhealth


Rata-rata mati suri memiliki ciri-ciri umum tertentu, tapi ada juga yang memiliki pola berbeda. Seperti dikutip dari Howstuffworks, Jumat (19/3/2010) ada beberapa ciri umum ketika seseorang mati suri, yaitu:
1. Perasaan ketenangan, perasaan ini kemungkinan meliputi kedamaian, penerimaan kematian, emosional dan kenyamaan fisik.
2. Intensitas murni cahaya terang yang tidak menyakitkan, intensitas cahaya ini terkadang memenuhi ruangan tapi ada juga seseorang hanya melihat cahaya yang berasal dari surga atau Tuhan.
3. Pengalaman keluar dari tubuh (out-of-body experience/OBE), orang merasa telah meninggalkan tubuhnya dan bisa melihat dokter yang bekerja padanya.
4. Memasuki alam atau dimensi lain, hal ini biasanya tergantung dari keyakinan dan pengalamannya.
5. Berjalan di terowongan, banyak orang yang mati suri menemukan dirinya berada di terowongan dengan cahaya di ujung dan bertemu dengan makhluk roh lainnya.
6. Dapat komunikasi dengan roh, sebelum mati suri berakhir banyak orang yang melaporkan dapat berkomunikasi dengan roh lain dan diperintahkan untuk kembali ke tubuhnya.




Teori yang menjelaskan tentang mati suri dibagi menjadi dua kategori dasar yaitu penjelasan ilmiah (medis, fisiologis dan psikologis) serta penjelasan supernatural (spiritual dan agama).

Secara supernatural seseorang yang mati suri sebenarnya mengalami dan mengingat hal-hal yang terjadi dengan kesadaran tapi tanpa disertai tubuhnya.

Ketika seseorang mendekati kematian, maka jiwanya meninggalkan tubuh dan mulai merasakan hal-hal yang biasanya tidak bisa dirasakan. Jiwa berjalan melalui perbatasan antara hidup di dunia dan hidup di akhirat, biasanya diwakili oleh terowongan dengan cahaya di ujung.

Secara ilmiah proses mati suri sangat kompleks, subjektif dan emosional. Mekanisme di balik beberapa pengalaman ini adalah cara otak memproses informasi sensorik.

Apa yang seseorang lihat di sekelilingnya hanyalah jumlah dari semua informasi sensorik yang diterima otak pada saat tertentu. Jika seseorang membayangkan sesuatu saat inderanya tidak berfungsi dengan baik, maka otak akan menerima informasi yang salah.

Hal ini kemungkinan disebabkan oleh obat-obatan atau beberapa bentuk trauma yang menyebabkan otak orang tersebut menutup. Beberapa ahli berteori bahwa gangguan saraf atau kelebihan beban informasi yang dikirim ke korteks visual otak, menciptakan gambaran cahaya terang yang berangsur-angsur menjadi lebih besar. Otak dapat menafsirkan hal ini sebagai bergerak di terowongan gelap.





Selama mengalami mati suri, tubuh rawan mengalami kerusakan karena otak menafsirkan informasi yang salah. Kombinasi antara efek trauma dan kekurangan oksigen di dalam otak memunculkan pengalaman melayang ke angkasa dan menatap tubuh Anda sendiri. Sensasi damai yang dirasakan dipicu oleh meningkatnya kadar endorfin yang diproduksi oleh otak selama trauma.

Salah input sensoris yang diterima, ditambah dengan kekurangan oksigen dan endrofin akan menciptakan sebuah pengalaman surealisme meskipun realistis. Selain itu neurotransmitter di otak yang menutup akan menciptakan ilusi yang indah bagi semua orang yang dekat dengan kematian.

Pandangan Pribadi

Menurut dari pandangan saya phenomena mati suri merupakan phenomena sepiritual yang hanya dialami manusia tertentu saja. Mati suri merupakan suatu phenomena dimana roh kita meninggalkan badan kita menuju alam lain yang kita belum ketahui. Nah.. di alam inilah kita dapat melihat berbagai hal yang sebelumnya tidak kita ketahui sama sekali. Memang benar kita mati, akan tetapi belum saatnya !! dan pasti akan kembali lagi hidup. Entah siapa, apa, bagaimana caranya saya pun tidak taw.. !! menurut pelajaran yang saya dapat sewaktu saya mengecap sekolah menengah pertama dulu salah satu guru agama saya pernah bercerita mengenai tematnnya yang mengalami mati suri. Mungkin anda yang membaca ini seangkatan dengan saya pastinya mengenal beliau ( Pak Sukaya ). Dari cerita beliau seseosorang yang mengalami mati suri, pada saat mereka sadar kemungkinan besar akan tidak bisa berbicara untuk tidak menceritakan apa yang mereka liat saat mati tsb yang merupakan rahasia TUHAN. Sayang dalam berita diatas tidak disebutkan bagaimana kondisi nenek tsb setelah mati suri. Apakah bisa berbicara atau tidak.



Penjelasan ilmiah dari mati suri ini, saya beranggapan kemungkinan besar sama seperti apa yang diterangkan dalam detikhealth di atas.

Penutup



Satu hal yang ingin saya sampaikan adalah kita tidak akan pernah tau rahasia TUHAN sebenarnya. Hidup mati sudah ada yang menentukan kita sebagai manusia hanya bisa menerimanya !!
Tetapi saya sarankan mulailah berbuat baik agar kelak anda mendapat SURGA.
Salam.




Baca Juga Di Sisi Lain

Komentar :

Ada 0 Komentar ke “Phenomena Mati Suri !!”

Posting Komentar

Berkomentarlah Dengan Bijak Tanpa Spam Untuk Kemajuan Bersama !!
Saya Selaku Admin Sangat Merasa Bersyukur Apabila Anda Menyempatkan Berkomentar.
Tata Cara Berkomentar

1. susun kata-kata anda, usahakan kata yang bijak, kritik maupun saran yang bijak tentunya.
2. tentukan sebagai apa anda berkomentar. terdapat pilihan pada bagian bawah. jika anda tidak mempunyai ID, anda bsa berkomentar sebagai anonim.
3. setelah vertivikasi komentar muncul tarik kebawah kotak putih komentar atau menu scrolnya.
4. submit dan komentar anda akan muncul.

 

Peringatan Dini !!

Protected by Copyscape Online Infringement Detector

Bookmark

Share |

Format Akses Sisi Lain Lewat Handphone

Mobile Edition
By Blogger Touch

Yahoo Massanger

Get snow effect

Followers